Share :  

Berita  |  30 January 2017 - 13:49

KEGIATAN AGAMA HINDU DI POLITEKNIK IMIGRASI

KEGIATAN AGAMA HINDU DI POLITEKNIK IMIGRASI

Akademi adalah salah satu institusi pendidikan dimana selain itu terdapat juga politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas. Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu. Dalam pendidikan di politeknik imigrasi para peserta pendidikanya diajarkan berbagai macam pelajaran di bidang keimigrasian, dimana nantinya akan membentuk kader imigrasi yang berkompeten dan tangguh. Selain pendidikan secara akademik, pembinaan fisik, mental dan sikap juga dibentuk disini selama 4 tahun. Metode  pendidikan di Politeknik Imigrasi sendiri menggunakan pola JARLATSUH (pengajaran, pelatihan dan pengasuhan). Dimana dalam pola pendidikan tersebut selain secara akademik para taruna juga harus dibina fisiknya agar seimbang keduanya.

Namun tidak hanya pendidikan dan pembinaan fisik saja, kegiatan pembinaan rohani sangat menjadi prioritas utama di Politeknik Imigrasi bagi para taruna dimana agar nantinya para taruna memiliki dasar iman dan taqwa yang kuat setelah lulus dari sini. Karena pada dasarnya setiap manusia hanya bergantung kepada Tuhan Yang maha Esa. Pada Politeknik imigrasi seluruh taruna yang beragama Hindu melaksanakan peribadahan rutin bersama Taruna Poltekip, kegiatan pembinaan rohani pada politeknik imigrasi ialah sebagai berikut:

1.       Kegiataan Pembinaan rohani setiap selasa & kamis malam

-Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam selasa yang dipimpin oleh Pemangku bergabung bersama taruna Poltekip dan dilaksanakan di Pura Cinere.

2.       Kegiatan Pembinaan rohani pada hari raya Galungan & Kuningan, Siwaratri, Pagerwesi dan Saraswati

-Kegiatan ini dilaksanakan pada hari raya itu berlangsung di Pura-pura wilayah jabodetabek

3.       Kegiatan Pembinaan rohani pada hari raya Nyepi

-Kegiatan ini dilaksanakan di daerah masing-masing (Keterangan : Taruna diberikan ijin dengan kurun waktu 1minggu sesuai dengan kegiatan pada Hari raya Nyepi tersebut)

4.       Kegiatan Pembinaan rohani dengan sekolah kedinasan lain

-Kegiatan pembinaan rohani ini dilaksanakan dengan ketentuan rapat antar sekolah kedinasan khususnya Hindu (Keterangan : Karena tidak sesuainya jadwal dengan sekolah kedinasan lain kecuali POLTEKIP)